Langsung ke konten utama

Ini ceritaku, Mana Ceritamu : Holiday In Pare


Pare sebuah desa kecil yang ramainya hampir sama dengan pusat kota Kediri. Tempat dimana banyak orang berkumpul dengan alasan dan latar belakang yang berbeda. Ada yang karena persiapan tes kerja, persiapan masuk kuliah bahkan banyak juga karena kegagalan mereka misal engga lolos tes polisi, engga lolos masuk PTN, ditolak kerja karena skill jelek atau bahkan engga naik jabatan gara-gara bahasa inggrisnya jelek atau gagal menikah dan gagal muve on juga ada hahaha... Dari berbagai latarbelakang itu salah satu yang mendorongku adalah karena bahasa inggrisku saat ini masih gitu-gitu aja dan ajang move on. Banyak juga yang DM, Chat Line atau WA buat nanyain Pare khususnya kampung inggris. So, malam ini aku bakal bahas pare dan pengalamanku liburan di Pare Guys. Jadi di pare ini ada puluhan bahkan ratusan lembaga bimbingan bahasa inggris guys. Mulai dari yang bagus banget, gede banget, cabang dimana mana dan sederhana tapi berkualitas. Ada yang menyediakan jasa pendaftaran online ada juga yang engga alias offline misalnya BEC dan FEE. Kemarin waktu daftar aku pake online melalui situs resmi Kampung Inggris di https://www.kampunginggris.id/ . Bagi kalian yang kepo banget bisa tuh di cek webnya. Bisa juga menghubungi adminnya secara langsung Via Line atau Telfon. Info resmi ada di web ya guys. 

LC tampak Depan
 
Nah liburan kali ini aku masuk di LC (Language Center) yang merupakan salah satu lembaga besar di pare. LC memiliki 20 lebih camp dengan berbagai fasilitas dan tawaran yang beraneka ragam disesuaikan dengan harga. Ada enam paket di LC yaitu Paket Intensive (Fullday), paket ini cocok untuk kamu yang pemula dan ingin belajar dari awal. Terdapat tujuh kali pertemuan dalam sehari meliputi morning class berupa setoran hafalan vocab dan expression, empat kali kelas meliputi speaking 2 kali, Pronoun dan Grammar lalu di Malam hari juga ada evening class di Camp. Selain itu juga ada fasilitas berupa camp English area.  Paket yang kedua yaitu paket full service, fasilitas ini hampir sama dengan paket intensive tetapi terdapat sedikit perbedaan yaitu berkaitan dengan adanya paket makanan 3X sehari, Laundry dan Sepeda. Paket treveler, paket ini juga hampir sama dengan dua paket sebelumnya namun perbedaannya adalah tidak mendapatkan makan seperti full service namun mendapatkan paket travelling di akhir program. Paket Liburan, yaitu dengan tambahan fasilitas berupa rombongan minimal 10 orang. Paket TOEFL, Program ini dilakukan 7 kali sehari yang berkaitan denga Pre-Toefl atau Toefl yang terakhir adalah Paket Camp, dimana kalian akan tinggal di asrama English area 24 jam dan program English diary, morning vocabulary dan night expression.  Untuk info lebih lanjut tentang LC kalian bisa ceek aja di web kampung inggris.
    Paket yang aku ambil adalah paket intensive 2 minggu. Kenapa sih cuman dua minggu dew? Kan nanggung kenapa engga sebulan aja ? Ada beberapa alasan sih guys kenapa aku engga ambil paket satu bulan. Alasan pertama adalah karena aku kehabisan periode 10. Jadi di Pare itu ada dua waktu atau periode pembukaan yaitu setiap tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Bagi kalian yang ingin menghabiskan liburan kalian di pare harus rutin liat jadwal pendaftaran dan maksimal daftar h-2 minggu penutupan. Momen liburan biasanya akan ada banyak banget pendaftar, so kalo kalian kalah cepet udah pasti kalian akan kehabisan tempat les. Lalu alasan yang kedua adalah aku ingin survey tempat lain, kalo aku ambil satu bulan dan merasa engga nyaman ya sia-sia juga kan. Alasan ketiga adalah karena waktu liburku cuman tiga minggu karena alasan kesibukan organisasi. Kenapa pilih LC ? Jujur aja karena paketnya menarik. Kamu akan dapet Grammer Student’s Book, Speaking Student’s Book, Note dan T-Shirt. Untuk makan jangan khawatir deh soal makan, buat kalian yang doyan makan kaya aku harga disini sangat bersahabat kok. Beda deh kalo sama semarang mah apalagi sama jakarte. Kisaran harga antara 4.000 sampai 10.000. Harga 4.000 udah dapet nasi pecel jadi klo kalian mau hemat jangan khawatir guys banyak banget pilihan makanan yang super murah. Kalian yang hedon juga bisa kok makan di cafĂ© mahal, restoran dan apapun itu. Menurutku sama aja sih mau kalian sekalian paket makan atau engga, justru kalo kalian engga ikut paket nanti bisa lebih hemat dan makan beraneka ragam. Jadi kalo kalian bingung mau pilih paket yang mana bisa banget buat di sesuaikan dengan budget kalian masing-masing nih guys.



Contoh Daftar Menu di Salah satu Warung

             Untuk kegiatan ku di LC sendiri itu full sampai jam 8 malem. Kita mulai bangun pukul 04.30 dilanjutkan sholat subuh berjamaah, pukul 05.30-06.30 ada morning class setoran hafalan vocab dan expression (40 vocab/hari dan 10 expression), kelas Grammar pukul 08.00-09.30, kelas Speaking 1 pukul 10.00-11.30, kelas pronunciation pukul 14.00-15.30, kelas speaking 2 pukul 16.00-17.30 dan dilanjut pukul 18.30-19.30 kelas malam di camp. Dan di asrama atau camp kita wajib pake bahasa inggris kalo keceplosan hemmm… kalian harus bayar 1.000/kata. Khusus malam jumat kita ada yasinan di camp dan pagi harinya kita ada evaluasi belajar melalui ujian materi yang sudah diajarkan untuk mengukur seberapa penguasaan kita terhadap materi yang telah diberikan. Untuk hari sabtu dan minggu kita libur. Jadi buat kalian yang penat sama aktifitas yang begitu padat kalian bisa tuh liburan. Di pare banyak kok tempat rental sepeda motor. Untuk 3 jam itu 20.000, 6 jam 40.000 dan 24 jam 70.000. Kalo kalian udah sampe camp dan ternyata camp jauh dengan tempat belajar jangan khawatir disini banyak rental sepeda kok. Tarifnya macem-macem, ada yang 75.000/bulan ada yang 100/bulan da nada juga yang 150.000/bulan. Semua disesuaikan dengan tipe dan lama waktu sepedanya.  Nah meskipun pare adalah sebuah desa tapi rawan rampok juga loh, so kalian juga harus tetep hati-hati. Temenku pernah kehilangan hape gara-gara pintu kamarnya engga dikunci waktu dia mandi, ada juga kasus hipnotis dan uang 18juta ilang, ada juga yang kena jambret gara-gara naroh tas di keranjang sepeda nah konyol lagi ada yang sepeda sewaannya hilang gara-gara makan tapi engga di kunci. Kalo udah gini kan jadi repot keluar duit lagi buat ganti. Saranku sih bawa uang pas aja kalo mau pergi dan jangan asal naruh barang berharga
 Bagi kalian yang baru pertama kali ke kampung inggris dan belum terlalu faham, bukan seorang pemberani aku saranin naik trevel atau fasilitas penjemputan aja dari web. Soalnya nanti akan bingung banget di stasiun daaaaann pasti banyak banget yang nawarin kalian tumpangan. Tapi tenang kok, engga aka nada tawaran “Ade mau Aa lamar kapan ?” ah udah ah.. btw aku lagi otw move on LLLOKE Back to the topic. Aku akan bandingkan dan kasih rekomendasi juga nih. Ada beberapa cara buat sampe camp. Pertama, kalian bisa memanfaatkan fasilitas trevel dari web langsung alias pesan secara online ketika kalian registrasi di web pendaftaran kampung inggris. Nanti aka nada tawaran apakah ingin menggunakan fasilitas penjemputan atau tidak. Tariff untuk trevel di web kampung inggris yaitu 75.000. memang cukup mahal sih jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum lain tapi enak kok, kamu naik mobil yang nyaman dan engga usah bingung. Jadi kalian sampe langsung ada yang jemput deh. Ciyeee ada yang jemput. Nah kalo kalian mau nyoba hal baru cukup pilih yang lainnya aja. Kedua, jika kalian tidak menggunakan fasilitas penjemputan jangan khawatir, jangan bingung apalagi bimbang. Santai bro, sist manusia di Pare engga cuman kamu doang kok dan jangan malu bertanya, nanti sesat di jalan. Kalian bisa naik becak lalu naik angkot bisa juga naik mobil. Kalo naik becak itu 25.000 dan nanti akan di antar sampai tukang angkot. Angkot sampai lembaga 25.000 jadi total duit yang akan kalian keluarkan adalah 50.000 sampai lembaga dengan selamat. Ketiga adalah naik mobil, kamu juga bisa nawar loh. Bagi kalian calon ibu-ibu yang suka nawar di pasar boleh lah di keluarkan jurus ampuhnya. Kisaran harganya antara 50.000-75.000. hal gila yang aku pilih adalah pilihan lainnya itu artinya aku engga pake fasilitas penjemputan. Simple sih, fikirku aka nada Go-Jek, Go-Kar atau semacamnya tapi ternyata oh ternyataaaaaa.. Pesen Gojek Driver Not Found, Pesen Go Car jaraknya terlalu jauh. Sempet bingung juga waktu itu karena laper juga udah pengen mandi. Akhirnya gagal deh pesen kendaraan online. Jadi saranku langsung aja kalian pesen mobil di admin kampung inggris atau langsung pesen aja sama yang mangkal disana. Hal yang menggemaskan dan dramatic sempat terjadi ketika aku kebingungan mau naik apa, ada tukang becak dan sopir mobil yang rebutan aku sampe berantem segala yaudah aku tinggalin aja. Nasib aku kok gini amat ya, direbutin sama tukang becak dan sopir mobil. Untuk kalian juga yang baru pertama kali ke pare, hati-hati ya guys banyak orang yang berniat engga baik. Mungkin itu aja sih hal-hal yang mau aku ceritain di blog hal-hal lain berkaitan dengan Pare, misalnya tempat wisata, suka duka, seneng sedih dan puas atau puas engganya dengan fasilitas asrama di LC akan aku share di cerita yang lain ya guys. Segera aku post deh setelah aku di semarang. Okey Good Luck For You ! Have a Nice Day !





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sang Angkuh

Ketika aku melangkah Dengan bangga dengan senyum diwajahku Aku tersadar Pion-pion megah adalah anak buahku Aku merasa dalam khayalan Ketika akulah ratu dijagat Akulah kehormatan akulah harapan Aku merasa terbang melihat merekapun jatuh Dan tertunduk penuh haru Aku merasa semua mengikutiku Aku menggenggam semua hidup Hingga suatu hari aku terjatuh Jatuh yang membuat aku sakit Sakit yang membuat aku bertanya Kemana mereka yang dulu berharap kepadaku Kemana mereka yang dulu hormat kepadaku Kemana sepasang mata yang dulu memandang aku Aku jatuh Yang dulu kawan kini menjadi lawan Kini bumi dan awan saling bertukar Wahai para petinggi Dengarkan pilu kuseruhkan kepadaku Mereka memang acuh tak acuh kepadaku Resa aku mengeluh Dan aku tersadar keadilan belum ada disini

Doa Sehelai Daun Kering Karya Emha Ainun Nadjib

Janganku suaraku, ya ‘Aziz Sedangkan firmanMupun diabaikan Jangankan ucapanku, ya Qawiy Sedangkan ayatMupun disepelekan Jangankan cintaku, ya Dzul Quwwah Sedangkan kasih sayangMupun dibuang Jangankan sapaanku, ya Matin Sedangkan solusi tawaranMupun diremehkan Betapa naifnya harapanku untuk diterima oleh mereka Sedangkan jasa penciptaanMupun dihapus Betapa lucunya dambaanku untuk didengarkan oleh mereka Sedangkan kitabMu diingkari oleh seribu peradaban Betapa tidak wajar aku merasa berhak untuk mereka hormati Sedangkan rahman rahimMu diingat hanya sangat sesekali Betapa tak masuk akal keinginanku untuk tak mereka sakiti Sedangkan kekasihMu Muhammad dilempar batu Sedangkan IbrahimMu dibakar Sedangkan YunusMu dicampakkan ke laut Sedangkan NuhMu dibiarkan kesepian Akan tetapi wahai Qadir Muqtadir Wahai Jabbar Mutakabbir Engkau Maha Agung dan aku kerdil Engkau Maha Dahsyat dan aku picisan Engkau Maha Kuat dan aku lemah Engkau Maha Kaya dan aku papa Eng